12 May 2021 oleh Admin
Sebagai bagian dari apresiasi kepada pelanggan yang telah 50
tahun mendukung keberadaan Toyota di Indonesia dan sekaligus memenuhi kebutuhan
pelanggan terhadap kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) yang terus
meningkat, PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan Toyota Raize untuk
melengkapi pilihan di segmen SUV.
Toyota Raize dirancang tidak hanya memberikan kenyamanan,
dengan dukungan inovasi teknologi mesin turbocharge, namun juga
menghadirkan excitement dan better environment yang dapat meningkatkan
kualitas hidup masyarakat. Hal ini merupakan bagian dari tujuan Toyota untuk
menghadirkan Mobility Happiness for All.
President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda,
menyebutkan bahwa bagi Toyota, kemunculan model terbaru Toyota Raize akan
menambah pilihan bagi masyarakat Indonesia yang menjadikan Toyota memiliki enam
pilihan di segmen SUV, yang sejalan dengan transformasi dari automobile company menjadi mobility company.
“Berbagai usaha untuk menyesuaikan layanan dengan tren dan kebutuhan yang berbeda di setiap lapisan masyarakat, perlu didukung oleh pilihan kendaraan yang juga tepat untuk masing–masing orang,” kata Matsuda.
“Ke depannya, sejalan dengan komitmen untuk menghadirkan
total mobility solution, Toyota akan terus memenuhi kebutuhan mobilitas
masyarakat Indonesia, tidak hanya produk yang semakin lengkap, namun juga
layanan yang variatif,” lanjutnya.
Toyota Raize pertama kali diluncurkan pada akhir tahun 2019
di Jepang dan berhasil tampil sebagai salah satu best-selling model di pasar negeri Sakura
ini.
Dengan diluncurkannya Toyota Raize menjadikan Indonesia
sebagai negara pertama di luar Jepang yang meluncurkan kendaraan Compact SUV ini.
Sementara itu, Vice President Director PT Toyota-Astra
Motor, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa pandemi COVID-19 berdampak pada
pertumbuhan industri otomotif nasional sejak 2020 lalu.
Namun hal itu tidak menyurutkan semangat Toyota dalam
menghadirkan Total Mobility Solution bagi masyarakat
Indonesia.
Pada tahun 2020, Toyota telah meluncurkan tidak kurang dari
13 produk baru. Tidak hanya itu, Toyota juga menghadirkan berbagai inovasi
antara lain melalui KINTO, HaloBeng, dan Virtual Expo.
Sejalan dengan perayaan ke-50 tahun Toyota di Indonesia,
Toyota berkomitmen untuk terus berkontribusi terhadap industri otomotif
nasional dengan menghadirkan solusi mobilitas melalui berbagai produk dan
layanan bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya dengan memperkenalkan Toyota
Raize.
“Dengan tampilan yang sporty dan didukung fitur interior dan
safety yang modern dan lengkap di kelasnya, kehadiran Toyota Raize diharapkan
tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam, sekaligus
juga turut mendorong pasar otomotif nasional menjadi lebih dinamis dan
berkembang,” kata Henry.
Dalam beberapa tahun terakhir, kendaraan SUV kian diminati
masyarakat karena dapat digunakan untuk berbagai aktivitas, serta dianggap stylish, advance, fun to drive.
Kontribusi segmen ini terhadap total market maupun di Toyota sendiri
terus mengalami peningkatan. Pada 2017, kontribusi segmen SUV terhadap total
penjualan Toyota masih berada di angka 11,9%. Hanya berselang tiga tahun yaitu
pada 2020, komposisinya naik lebih dari dua kali lipat hingga menjadi 25,9%.
“Kami sangat bersyukur produk–produk SUV Toyota dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan berkontribusi cukup besar terhadap total penjualan Toyota maupun pasar otomotif nasional,” ujar Henry.
Pilihan Model Toyota Raize
Toyota Raize hadir dalam 6 varian yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT
TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, serta varian 1.2
G CVT dan 1.2 G M/T, di mana masing-masing memiliki daya tarik sendiri untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat yang juga beragam.
Bagi pelanggan yang ingin tampilan SUV lebih sporty maka dapat memilih varian GR Sport
yang terdapat di 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS dan 1.0 Turbo GR Sport CVT.
Untuk tipe 1.0T mulai tersedia dan dapat dipesan sejak 30 April
2021, sementara untuk tipe 1.2 akan hadir di semester ke dua tahun ini.
Eksterior, Interior, dan Fitur Toyota Raize
Eksterior dan interior Toyota Raize didesain untuk menghidupkan
perjalanan penggunanya dalam konsep kombinasi “Bold and Active” pada tampilan luar dan “Comfort and Utility” pada bagian dalam.
Konsep ini melahirkan aura bergaya dan berani pada penampilan
Toyota Raize dan membangun citra muda dan aktif pada pemiliknya.
Toyota Raize mempunyai dimensi kompak dengan panjang 4.030 mm,
lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. Meski begitu, Raize tetap terlihat
proporsional berkat wheelbase mencapai 2.525 mm dan ground clearance setinggi 200 mm.
Kesan sebuah SUV yang gagah, sporty, dan atraktif tampak dari aplikasi bumper trapezoidal tebal dan kokoh disertai sudut yang
menyiku tajam dan agresif di depan.
Illuminating headlamp, daytime running light (DRL), dan Sequential Turn Lamp, semua
menggunakan LED, dan velg besar 17 inch pada tipe 1.0T.
Sementara itu, interiornya lapang dan juga dilengkapi fitur
dengan teknologi terdepan seperti terpasang MID 7 inch TFT
dengan display interaktif dan modern dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi
tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog.
Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti Steering Switch, Interior Illumination, serta Interactive 9 Inch Head Unit dengan floating design dan
terkoneksi dengan smart
device T-Link dan
mempunyai fitur Personal Reminder, bahkan dapat dimanfaatkan sebagai
pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam
sistemnya.
Toyota Raize dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap
seperti 6 Airbags, Pedal
Misoperation Control,
dan TSS + BSM RCTA. Semua fitur keselamatan ini terdapat pada varian 1.0 Turbo
GR Sport CVT TSS.
TSS adalah Toyota
Safety Sense yang
merupakan fitur keselamatan yang biasanya terdapat pada model di segmen high—premium segmen.
Selain itu, seluruh tipe Toyota Raize sudah dilengkapi fitur
keamanan berupa rem dengan Anti-lock
Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt
Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.
Total Mobility Solution Pada Toyota Raize
Selain terus melengkapi ragam pilihan produk sejalan dengan
dinamika kebutuhan masyarakat, dalam semangat Total Mobility Solution, Toyota juga terus mengembangkan
pilihan layanan untuk pelanggan.
Raize hadir dengan solusi yang lengkap bagi pelanggan, karena
tidak hanya dari sisi produk dan teknologinya, namun juga dari sisi program
penjualan maupun perawatan kendaraan.
Bagi pelanggan yang cenderung tidak mau repot dalam administrasi
dan perawatan, TAM telah mengembangkan layanan usership melalui
Kinto One maupun Kinto Ekonomis, bahkan Kinto Syariah yang sudah sesuai dengan
prinsip-prinsip syariah yang tanpa interest,
fix, dan transparan.
Melalui Kinto pelanggan bisa mendapat layanan berlangganan
kendaraan Toyota dan tanpa harus repot memikirkan biaya lain seperti pajak
kendaraan, asuransi, maupun biaya perawatan kendaraan.
Adapun bagi pelanggan yang ingin tetap memiliki kendaraan, maka
hadir pula layanan Deal Cermat dengan cicilan yang lebih rendah dibandingkan
dengan cicilan reguler, serta ada jaminan harga jual kembali.
Layanan ini cocok untuk orang yang dinamis mengikuti tren,
termasuk juga memberi solusi untuk mereka yang mau ganti mobilnya.
Sementara itu, untuk perawatan kendaraan, selain di dukung dengan jaringan outlet yang kini mencapai 334 titik di seluruh wilayah Indonesia, Toyota Raize juga mendapatkan free service dan free parts sepanjang 50.000 km atau maksimum 4 tahun, mana yang tercapai terlebih dahulu.